Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word

Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word
Kata Pengantar
Dalam pembahasan sebelumnya kita telah mengkaji mengenai Cara memisahkan satu Cells Tabel menjadi beberapa bagian di Word Selanjutnya dalam bab ini, kita akan membahas cara menambahkan rumus ke tabel Microsoft Word 2013. Microsoft Word ini memungkinkan Kalian untuk menggunakan rumus matematika dalam sel tabel yang dapat digunakan untuk menambahkan angka, untuk menemukan angka rata-rata, atau menemukan angka terbesar atau jumlah terkecil dalam sel tabel yang kalian tentukan. Ada daftar rumus dalam microsoft word ini yang telah disediakan, Kalian dapat memilih berbagai macam rumus berdasarkan persyaratan. Bab ini akan mengajari kalian cara menggunakan rumus dalam tabel.

Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula)
Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk menambahkan rumus dalam sel tabel yang terdapat di dokumen Word.
  • Perhatikan pada tabel berikut yang akan diisi pada Kolom Jumlah. Klik di sel yang akan diisi jumlahnya menggunakan rumus. 
Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word

  • Selanjutnya pada Menu atau tab Layout klik tombol Formula; ini akan menampilkan Kotak Dialog Formula yang akan menyarankan rumus default, Dalam kasus ini kita akan menggunaka rumus penjumlahan  = SUM (LEFT). Kalian dapat memilih format angka menggunakan Kotak Daftar Format Angka untuk menampilkan hasilnya atau Kalian dapat mengubah rumus Pada kotak daftar Formula.
Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word

  • Selanjutnya klik OK untuk menerapkan rumus dan kalian akan melihat bahwa sel-sel kiri telah ditambahkan dan jumlahnya telah dimasukkan ke dalam sel Jumlah. Kalian juga dapat mengulangi prosedur untuk memasukan jumlah dari 3 baris lainnya.
Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word
Keterangan Mengapa mesti menggunkan rumus =SUM(LEFT) untuk penjumlahan diatas
=SUM(LEFT) Penjumlahan bila sel yang dipilih berada di sebelah kiri baris angka.
=SUM(ABOVE) Penjumlahan bila sel yang dipilih berada di atas kolom angka.
=SUM(BELOW) Penjumlahan bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
=SUM(RIGHT)  Penjumlahan bila sel yang dipilih berada di kanan kolom angka.


Rumus 
Kotak dialog Formula menyediakan fungsi-fungsi penting berikut untuk digunakan sebagai rumus dalam sel.

1. Mencari Nilai rata-rata dalam daftar selAVERAGE()
2. Mencari Jumlah item dalam daftar sel COUNT()
3. Mencari Nilai terbesar dalam daftar selMAX()
4. Mencari Nilai Terkecil dalam daftar Sel MIN()
5. Mengalikan Angka dalam daftar sel PRODUCT()
6. Menjumlahkan angka dalam daftar sel SUM()

Cara Menggunakan Cell Reference
Rumus Word menggunakan sistem referensi untuk merujuk ke sel tabel individu. Setiap kolom diidentifikasi dengan huruf, dimulai dengan A untuk kolom pertama, B untuk kolom kedua, dan seterusnya. Setelah itu muncul nomor baris. Jadi, sel pertama di baris pertama adalah A1, sel ketiga di baris keempat adalah C4, dan seterusnya.
Contoh:
Pada gambar dibawah ini kita mempunyai sebuah tabel nota di ms Word dan Kita dan kita akan mengisi Kolom jumlah, dengan mengkalikan Jumlah QTY dengan Jumlah harga
Menggunakan Cell Reference

Seperti pada contoh gambar diatas, yang harus dipahami adalah letak dari angka yang akan di jadikan tumpuan rumus adalah letak dari angka 10 dan 4.000. angka 10 terletak pada sel A2 (Maksudnya angka 10 tersebut terletak pada Baris A Kolom ke 2), sedangkan angka 4.000 terletak di sel C2. Sehingga formulanya menjadi =A2*C2

Cara kerjanya :
Klik pada kolom jumlah terlebih dahulu, kemudian pada Menu atau tab Layout klik tombol Formula; ini akan menampilkan Kotak Dialog Formula yang akan menyarankan rumus default, Dalam kasus ini kita akan menggunaka rumus penjumlahan  =A2*C2. Dan kemudian Klik Ok Jika selsai. Perhatikan Gif berikut untuk mempermudah kalian dalam menerapkannya.

Menggunakan Cell Reference


Selain itu kalian juga dapat membuat ekspresi Matematika sederhana, seperti B3 + B5 * 10 dengan menggunakan operator matematika sederhana +, -, /, *,%.
Demikianlah Pembahasan mengenai Cara Menggunakan dan menambahkan rumus (Formula) pada tabel Microsoft Word ini, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam mengaplikasikan Ms. Office Word ini. Wassalam


EmoticonEmoticon