Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula

Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula

PowerPoint Merupakan program presentasi yang memungkinkan bagi kalian untuk membuat presentasi slide yang dinamis. Presentasi ini dapat mencakup animasi, narasi, gambar, video, dan banyak lagi. Dalam pelajaran ini, Kalian akan belajar tentang lingkungan PowerPoint, termasuk pita, akses cepat Toolbar, dan tampilan Backstage.

Mengenal PowerPoint
Pada tampilan PowerPoint. Banyak tampilan versi yang mungkin agak sedikit berbeda dari masing-masing versi tersebut. Seperti Ms. PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016. Tetapi jika kalian baru mengenal PowerPoint atau memiliki lebih banyak pengalaman dengan versi yang lebih lama, seperti Powerpoint 2007 atau 2010 , Sebaiknya kalian harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk mengenal tampilan PowerPoint 2013 ini.

Sejarah Microsoft Power Point 
PowerPoint dikembangkan oleh Dennis Austin dan Thomas Rudkin di Forethought Inc. Seharusnya diberi nama Presenter, tetapi nama itu tidak diadaptasi karena masalah merek dagang. Itu diubah namanya menjadi PowerPoint pada tahun 1987 seperti yang disarankan oleh Robert Gaskins. Pada bulan Agustus 1987, Microsoft membeli Forethought sebesar $ 14 juta dan mengubahnya menjadi unit bisnis grafisnya, di mana perusahaan terus mengembangkan perangkat lunak. Iterasi pertama dirilis bersama dengan Windows 3.0 pada tahun 1990. Ini hanya memungkinkan kemajuan slide dalam satu arah - maju - dan jumlah penyesuaian cukup terbatas.

PowerPoint mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam PowerPoint 97, yang menambahkan efek transisi yang telah ditetapkan dan memungkinkannya untuk secara tepat sehingga slide akan bertransisi secara otomatis. Ini adalah presenter untuk mengikuti perkembangan yang telah ditentukan dan terus berjalan tanpa jeda untuk mengubah atau membaca slide. PowerPoint 2007 memperkenalkan antarmuka "pita", menandai perubahan drastis dari gaya antarmuka sebelumnya.

Antarmuka /Tampilan PowerPoint
Saat kalian membuka PowerPoint untuk pertama kalinya, Layar lembar pilihan awal akan muncul. Dari sini, kalian bisa langsung membuat presentasi baru, memilih template, dan mengakses presentasi yang diedit baru-baru ini. Dari Layar Mulai, cari dan pilih Presentasi Kosong untuk mengakses tampilan PowerPoint.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula

Bekerja dengan Tampilan tool PowerPoint
Ribon dan Toolbar Akses Cepat (Access Toolbar) adalah tempat dimana kalian akan menemukan perintah untuk melakukan tugas-tugas umum di PowerPoint. Tampilan backstage memberi kalian berbagai opsi atau pilihan untuk menyimpan file, membuka file, mencetak, dan membagikan dokumen kalian.

Ribbon
PowerPoint menampilkan Berbagai macam Menu seperti Menu Home, Insert, Design, dll, yang masing didalamnya terdapat dengan beberapa grup perintah. Misalnya, grup Font pada tab Menu Home berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen kalian.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
Beberapa kelompok juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat kalian klik untuk opsi atau pilihan yang lebih banyak lagi.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula

Menampilkan dan menyembunyikan Ribon
Ribon dirancang untuk mempermudah tugas kalian saat ini, Akan tetapi kalian juga dapat memilih untuk menguranginya jika kalian berpikir bahwa itu memakan terlalu banyak ruang layar. Sehingga tampilannya
Klik panah Opsi Ribbon Display Options di sudut kanan atas pada ribon untuk menampilkan menu drop-down.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula


  • Auto-hide Ribbon: Auto-hide ini digunakan untuk menampilkan pada layar lembar kerja kalian dalam mode layar penuh dan sepenuhnya akan menyembunyikan Ribbon. Untuk menampilkan Ribbon, klik perintah Expand Ribbon di bagian pojok kanan atas layar yang ditandai dengan (....) .
  • Show Tab: Opsi ini menyembunyikan semua grup perintah yang ada pada Tab Menu. Untuk menampilkan Pilihan, cukup klik sebuah Tab pada Menu.
  • Show Tabs and Command: Opsi ini memaksimalkan Ribon. Semua tab dan perintah akan terlihat. Ini akan menampilkan tampilan default seperti semula

Quick Access Toolbar (Alat Akses Cepat)
Quick Access Toolbar ini terletak tepat di atas Ribon, Quick Access Toolbar memungkinkan kalian dapat mengakses perintah umum tidak peduli tab mana yang dipilih. Secara default, ini mencakup perintah Simpan, Urung, Ulangi, Membuat lembar kerja baru, print dll. Selain itu kalian juga dapat menambahkan perintah lain tergantung pada preferensi atau kebutuhan kalian.

Untuk menambahkan perintah ke Bilah Akses Cepat:

  • Klik tanda panah di sebelah kanan Quick Access Toolbar. Maka akan tampil beberapa menu perintah tersebut. selanjutnya Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu drop-down. Untuk memilih dari lebih banyak perintah, pilih More Commands

Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
  • Selanjutnya kalian akan masuk pada tampilan Powerpoint Options di dashbor Quick Acces Toolbar pilihlah perintah yang ingin kalian tambahkan ke perintah Quick Access Toolbar tersebut
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula

Zoom dan opsi tampilan lainnya
PowerPoint memiliki berbagai opsi tampilan yang dapat mengubah tampilan Presentase kalian. Kalian dapat memilih untuk melihat presentasi kalian dalam tampilan Normal, tampilan Slide Sorter, tampilan Baca, atau Tampilan Slide Show. Selain itu knda juga dapat memperbesar dan memperkecil untuk membuat presentasi kalian agar lebih mudah dibaca.

1. Mengalihkan tampilan slide
Beralih di antara tampilan slide yang berbeda itu mudah. Cukup temukan dan pilih perintah tampilan slide yang kalian inginkan di sudut kanan bawah jendela PowerPoint.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
2. Memperbesar dan memperkecil Lembar Kerja
Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan seret penggeser kontrol zoom di sudut kanan bawah jendela PowerPoint. Angka persen (%) di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut tingkat zoom.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
Kalian juga dapat memilih Perintah + atau - untuk memperbesar atau memperkecil sedikit demi sedikit.
Tampilan backstage
Tampilan backstage ini menampilkan berbagai macam opsi misalnya untuk menyimpan, membuka, mencetak/print, dan membagikan presentasi kalian. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Menu/Ribbon.
Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
Selanjutnya Tamppilan backstage tersebut akan tampil. Disini kalian dapat menyimpan, membuka, mencetak/print, dan membagikan hasil presentasi kalian


Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula
Silahkan Klik pada Dashbor Opsi Seperti New untuk Membuka lembar kerja baru, Open Membuka file, Save Menyimpan File, dll
Itulah tadi pembahasan kita  Dasar Memulai Microsoft PowerPoint 2013 untuk Pemula ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam mengaplikasikan microsoft PowerPoint ini. Terimakasih dan Wassalam


EmoticonEmoticon