Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel

Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel
Kata Pengantar
Pada saat kalian pertama kali bekerja dengan Microsoft Excel, Kalian mulai  mengetikkan atau menginput data kalian pada sel excel. dimana Sel tersebut merupakan pondasi bangunan dasar dari lembar kerja. Bagi kalian pemula, kalian wajib terlebih dahulu untuk mempelajari dasar-dasar sel dan isi sel untuk menghitung, menganalisis, dan mengatur data di Excel.

Mengapa harus belajar dasar seperti ini?

Karena dengan belajar dasar ini kalian pengguna baru akan merasakan kemudahan dalam mengaplikasikan Ms Excel ini kelebih pembejaran yang dalam.
Dalam Hal ini akan dibahas mengenai :
  • Apa Itu Sel ?
  • Cara Memilih Sel
  • Memilih/Memblok Kolom dan Baris
  • Menghapus Isi sel (Konten yang ada pada kolom/baris
  • Menghaspus Sel (Kolo/Baris)
  • Cara Cut, Copy/Paste pada Sel
  • Drag dan Drop pada Sel
  • Menggunakan Fungsi Fill Handle
  • Mengisi sel secara berurutan dengan fill handle
Apa itu Sel
Setiap worksheet yang ada di halaman kerja excel terdiri dari ribuan kotak persegi panjang, yang disebut sel. Dimana sebuah sel ini merupakan persimpangan atau titik temu antara baris dan kolom.

Kolom diidentifikasi atau ditandai dengan huruf (A, B, C), sedangkan baris diidentifikasi dengan angka (1, 2, 3). Dari banyaknya sel yang kita temui di lembar kerja excel, namun pada hakekatnya masing-masing sel memiliki nama sendiri, atau alamat sel, berdasarkan kolom dan baris.

Perhatikan Pada contoh gambar di bawah ini, sel yang dipilih sejajar antara kolom E dan baris 5, sehingga alamatnya sel E5.
Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel
Perhatikan gambar diatas, bahwa alamat sel juga muncul di kotak Name di sudut kiri atas yang ditandai dengat kotak merah. Selain itu kolom dan baris heading (E dan 5) sel juga akan disorot ketika sel dipilih.
Kalian juga dapat memilih beberapa Sel dengan memblok beberapa sel tersebut. Sekelompok sel dikenal sebagai Cell Range.

Ketika kalian memblok sel tersebut maka alamat Cell Range menggunakan alamat dari sel pertama dan terakhir dalam sel yang kalian blok tersebut, dan dipisahkan oleh titik dua. Misalnya, Cell Range yang kalian blok tersebut E1, E2, E3, E4, dan E5 Maka akan ditulis sebagai E1: E5. Perhatikan pada beberapa contoh dibawah ini:

  • Cell Range E1:E5

Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel

  • Cell Range A1:G1

Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel
  • Cell Range A1:F8
Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel

Cara Memilih sel
Untuk memasukan atau mengedit isi sel, pertama-tama kalian perlu memilih sel tersebut.
  • Klik sel untuk memilihnya. Dalam kasus ini, kita akan memilih sel C12.
  • Sebuah perbatasan ditandai dengan Kotak akan muncul di sekitar sel yang dipilih, heading kolom (C) dan heading baris (12) akan disorot. sel akan tetap terseleksi sampai kalian mengklik sel lain dalam worksheet.
Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel
Selain menggunakan Mouse untuk memilih kalian juga dapat memilih sel menggunakan tombol panah pada keyboard kalian.
Memilih/Memblok Cell range (Kolom dan baris)
Hal yang sering dilakukan juga dalam bekerja di lembar excel ialah memblok beberapa Cell Range. untuk memblok atau memilih bebrapa cell dengan tujuan tertentu kalian dapat melakukannya dengan cara:
  • Klik pada sell dan tarik mouse sampai semua sel kalian terpilih (terblok). Dalam contoh kita, kita akan memilih rentang sel A10:J18.
  • Jika sudah sampai arah yang dituju lepaskan mouse. Sel-sel akan tetap terseleksi sampainya kalian klik sel lain dalam worksheet.
Memilih/Memblok Cell range (Kolom dan baris)


Menghapus Isi sel (Kolom/baris)
Pilih / Blok sel yang ada tulisannya dan ungin kalian hapus, Dalam hal ini kita akan memilih isi sel F10: F15. Kemudian pada Menu Home Pilih perintah Clear, lalu klik Clear Contents.
Menghapus Isi sel (Kolom/baris)

Selain cara memilih opsi clear diatas, Kalian juga dapat menggunakan tombol Delete/Del pada keyboard kalian untuk menghapus konten dari sel yang kalian blok tersebut. 
Menghapus sel (Menghapus Kolom/Baris)
Jika kalian ingin mengapus Sel, ada perbedaan penting yang mesti kalian perhatikan antara menghapus isi sel dan menghapus sel itu sendiri. Apabila kalian menghapus seluruh sel, maka sel-sel di bawahnya akan bergeser untuk mengisi kekosongan dan menggantikan sel-sel yang telah dihapus.
  • Pilih atau Blok terlebih dahulu sel yang ingin kalian hapus. Dalam contoh ini kita akan menghapus sel antara A10: J10.
  • Kemudian Pilih perintah Delete dari tab Home pada Ribbon. 
Menghapus sel (Menghapus Kolom/Baris)
  • Maka Sel-sel di bawahnya akan bergeser ke atas dan mengisi kekosongannya.

Cara Copy dan Paste Sel
Mungkin dari kalian menginginkan untuk menyalin konten yang sudah dimasukan ke dalam spreadsheet. Dan kalian ingin mengkopy dan mempaste konten ke sel lain, yang dapat menghemat waktu dan usaha.
  • Pilih / Blok sel yang ingin Anda kopy. Dalam contoh ini, kita akan pilih F16.
  • Selanjutnya Pada Tab Home Klik perintah Copy, atau tekan Ctrl + C pada keyboard kalian. maka sel yang disalin akan memiliki kotak putus-putus di sekitarnya.
Cara Copy dan Paste Sel

  • Selanjutnya pilih sel di mana kalian ingin mempastekan konten hasi Kopy tersebut. Dalam contoh ini, kita akan pilih F10: F15. 
  • Dan pada menu Home pilih perintah Paste, atau tekan Ctrl + V pada keyboard Kalian.
Cara Copy dan Paste Sel

Maka Konten yang kalian kopy tadi akan disisipkan ke dalam sel yang dipilih.
Cara Copy dan Paste Sel

Selain Cara Paste diatas (Mengkilik menu Home dan memilih Paste atau menekan Ctrl+V) kalian juga bisa langsung menekan tombol Enter pada Keyboard setelah memilih tempat sel yang kalain tentukan untuk memnyalin konten tersebut
Kalian juga dapaat mengcut /memotong dan menyalin kembali seperti pada bagian perintah diatas.

Drag dan drop pada sel
Selain cut, copy, dan paste, Kalian juga dapat melakukan men-drag dan drop sel untuk memindahkan kontennya.

  • Pilih/blok pada sel yang ingin kalian pindah. 
  • Kemudian arahkan mouse pada perbatasan sel yang dipilih sampai mouse berubah menjadi pointer ditandai dengan empat anak panah. Dalam contoh ini, kita akan pilih sel B10 - B15.
  • Selanjutnya Klik dan tarik sel ke lokasi yang diinginkan. Dan Lepaskan mouse. Maka sel-sel tersebut akan pindak ke lokasi yang dipilih. perhatikan gif berikut untuk mempermudah langkah diatas

Drag dan drop pada sel

Menggunakan fill handle
Apabila Kalian ingin  menyalin isi sel ke sel yang ada disebelah baris/kolom, fill handle ini merupakan sebuah perintah alternatif yang sangat pas untuk melakukan kopy paste.
  • Pilih /Blok sel yang berisi konten yang ingin di salin, kemudian arahkan mouse ke pojok kanan bawah sel sehingga fill handle muncul seperti tanda tambah.
  • Kemudian Klik dan tarik fill handle sampai pada sel yang kalian tuju. Dalam kasus ini, kita akan pilih D10:D14. Kemudian lepaskan mouse untuk mengisi sel yang terpilih. Perhatikan Gif berikut untuk mempermudah pemahaman kalian dalam Menggunakan Fill Handle ini

Menggunakan fill handle

Mengisi sel secara berurutan dengan fill handle 
Selain Cara diatas Fill handle ini juga dapat digunakan untuk melanjutkan serangkaian. Pada saat kalian mengisi baris atau kolom berlanjut secara berurutan, misalnya nomor (1, 2, 3, 4, 5 dst) atau hari (Senin, Selasa, Rabu, kamis dst), fill handle ini dapat menebak apa selanjutnya yang terisi berikutnya secara berurutan .

  • Sebelumnya kalian perlu memilih/memblok beberapa sel sebelum menggunakan fill handle untuk membantu Excel ini.
  • Setelah kalian memblok sel tersebut arahkan Pointer ke pojok kanan bawah sehingga menampilkan kursor berubah menjadi tanda tambah (+)
  • Klik dan tarik fill handle sampai kebeberapa sel yang kalian inginkan. dan lepaskan Mouse Jika selesai
Mengisi sel secara berurutan dengan fill handle

Contoh Lain  dalam bentuk baris
Mengisi sel secara berurutan dengan fill handle


Penutup
Dengan mempelajari dan memperaktekan Hal-hal diatas bagi kalian Newbie atau pengguna baru Microsoft Excel ini tentunya akan mempermudah kalian dalam melanjutkan pembelajaran Microsoft Excel ini.

Demikianlah Pembahasan mengenai Mengenal lebih dalam Dasar Sel (Kolom dan Baris) Di Microsoft Excel ini, Semoga bermanfaat dan menambahkan wawasan kalian dalam mengaplikasikan Microsoft Excel ini.

Jika Ada pertanyaan dan masukan mengenai hal diatas, jangan sungkan untuk mengajukan pada kolom komentar yang telah disediakan diabawa. Wassalam


EmoticonEmoticon