Cara Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda

Pita/Rinbon adalah bilah alat yang berjalan di bagian atas Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel, serta aplikasi Microsoft lainnya. Ribbon terdiri dari tab yang mengatur alat terkait mereka. Ini membuat semua alat mudah diakses, apa pun jenis proyek atau perangkat yang sedang Anda kerjakan.
Cara Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda

Customize atau Menyesuaikan Ribbon
Ribon dapat disembunyikan sepenuhnya atau ditampilkan dalam berbagai kapasitas dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siapa pun. Ribbon menjadi tersedia di Microsoft Word 2007 dan terus menjadi bagian dari Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2016.

Berikut ini beberapa Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda

1#.Memindahkan, Menambah dan Menghapus Tampilan Ribbon
  • Untuk menyesuaikan menu Ribbon, klik kanan di manapun pada Ribbon. Pilih Customize Ribon 
  • dari daftar dropdown. Jendela dialog Opsi Word membuka dan menampilkan Perintah di panel dialog kiri dan Tab di panel dialog kanan. 
  • Perhatikan bahwa Anda dapat menampilkan Semua Perintah, sekelompok perintah yang ditentukan, atau perintah berdasarkan tab. Dialog Ribon/ Tab menampilkan Semua Tab pada menu Ribbon, Main Tab, atau Tools Tabs.
Jika Anda ingin menambahkan perintah ke tab yang ada,
  • Gulir ke bawah ke perintah, pilih, lalu klik tombol Add
Untuk menghapus perintah dari tab yang ada,
  • Gulir ke bawah ke tab, klik group in that tab, dan klik tombol Reset.
Jika Anda tidak suka tampilannya di Ribbon, akses lagi jendela dialog ini, dan klik tombol Reset. Pilihannya Reset All Customizations (berfungsi untuk Reset Semua Kustomisasi yang telah di terapkan) dengan memilih  Reset Only Berarti hanya Reset Pita Pita yang Dipilih), yang berarti Anda dapat memilih tab tertentu dan hanya mengatur ulang satu tab tanpa mempengaruhi perubahan kustom Anda yang lain.
Setelah selesai, klik OK.
Memindahkan, Menambah dan Menghapus Tampilan Ribbon
Memindahkan, Menambah dan Menghapus Tampilan Ribbon
2#. Membuat Tab khusus.
Bagian terbaik dari fitur hebat ini adalah membuat tab sesuai keinginan Anda sendiri, pribadi, khusus yang dipenuhi dengan perintah yang dikelompokkan berdasarkan sekumpulan fitur apa pun yang paling sering Anda gunakan. Dan, karena tidak semua perintah tersedia di Ribbon, Anda mungkin ingin membuat grup kustom dengan beberapa perintah yang tidak terlihat seperti Contents dan Index, Wizard Amplop dan Label, Opsi Penggabungan Surat, Simpan Sebagai HTML, dll. Atau, jika Anda membuat dan menggunakan banyak formulir kustom, Anda dapat mempertimbangkan membuat grup bernama Formulir dan mengisinya dengan semua perintah Formulir.
  • Pertama, buat tab khusus. Klik kanan di mana saja pada Ribbon dan pilih Customize the Ribbon 
  • Dari daftar dropdown. Di panel dialog Tab (Customize the Ribbon), klik tombol New Tab
  • Word langsung menyisipkan Tab Baru di lokasi kursor. Klik tombol Rename Ubah untuk mengubah nama pada tab ini
  • Kemudian gunakan panah atas dan bawah untuk memindahkan tab khusus Anda ke posisi paling nyaman pada menu Ribbon.
Ada ruang di bagian akhir (setelah Tab Developer) untuk dua, mungkin tiga tab khusus baru, atau Anda dapat menyisipkan tab di posisi yang paling logis; misalnya, antara tab Insert dan Design atau sebelum tab Home. Anda juga dapat mengatur ulang urutan semua tab yang ada. Setelah tab baru dibuat, klik OK, dan lihat tab baru Anda di menu Ribbon.
Cara Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda
Membuat Tab Khusus pada Ribbon
3#.Membuat grup khusus.
  • Sekali lagi, klik kanan di mana saja pada Ribbon dan pilih Customize the Ribbon 
  • dari daftar dropdown. Word telah menambahkan satu grup ke tab kustom Anda (disebut New Group). Sorot grup itu, lalu klik tombol Rename untuk merubah nama group itu. 
  • Ketika kotak dialog Rename terbuka, masukkan judul / nama untuk grup baru Anda (catatan: ikonnya adalah untuk perintah), 
  • lalu klik OK. Untuk contoh ini, grup ini disebut ARTSY karena akan berisi berbagai perintah menggambar dan grafik ditambah beberapa gambar yang sering digunakan.
Isi Grup Anda dengan Perintah
  • Selanjutnya, isi grup Anda dengan perintah. Pilih / sorot Grup (ARTSY) dari panel dialog Tabs (Customize the Ribbon). 
  • Dari panel dialog Perintah, pilih Commands Not In the Ribbon
  • Gulir ke bawah ke perintah yang Anda inginkan, dan klik tombol Add. Perhatikan perintah langsung muncul di bawah grup baru Anda. 
  • Lanjutkan menambahkan perintah hingga grup ini selesai, lalu klik OK saat selesai.
Jika salah satu perintah yang dipilih dalam grup baru Anda tidak memiliki ikon, atau jika Anda ingin mengubah ikon yang ada menjadi sesuatu yang berbeda, 
  • Pilih / sorot perintah target (Callout), dan klik tombol Rename
  • Pilih ikon dari perpustakaan gambar dan klik OK
Perhatikan dalam contoh ini bahwa ikon Callout diubah dari gelembung ke awan.
Cara Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda
Membuat Group Khusus pada Ribbon
4#.Melihat/Pertinjau Hasil Custom Work yeng telah dibuat
Anda dapat mengubah atau menesuaikan seluruh Ribbon jika suka, tetapi Anda tidak dapat menghapus salah satu tab default yaitu, salah satu tab Word asli. Anda dapat menghapus, menambah, atau mengatur ulang semua atau semua Grup seperti Clipboard, Font, Paragraph, dll., Tetapi Anda tidak dapat menghapus salah satu perintah di dalam Grup tersebut. Jika Anda menghapus (menghapus) Grup, semua perintah di Grup itu juga dihapus.

Satu-satunya pengecualian adalah Tab, Grup, dan perintah khusus/Custom Anda. Anda dapat menghapus, menambah, mengganti nama, mengubah, atau mengatur ulang item khusus apa pun yang Anda buat. Jangan khawatir tentang melacak keterbatasan ini. Word mengeluarkan semua Tab, Grup, Perintah, dan bahkan tombol untuk item yang tidak dapat diubah atau dihapus.
Tip: Jika Anda ingin melihat tombol pintas yang disediakan Word untuk setiap perintah, Anda dapat menambahkan penekanan tombol ke nama Perintah saat Anda mengganti nama perintah, tetapi hanya pada perintah yang Anda buat dan sesuaikan sendiri. Untuk melakukan ini untuk semua perintah, Anda harus menghapus dan membuat kembali Tab dan semua Grup dan Perintah di bawah Tab itu. 
Setelah selesai, pilih Tab Anda dari menu Ribbon dan tinjau pekerjaan khusus Anda. Anda dapat terus menambahkan perintah ke grup ini, membuat grup baru, mengatur ulang grup, dan / atau menghapusnya kapan saja. Anda selalu dapat mengklik tombol Reset jika Anda berubah pikiran. Grafik berikut menunjukkan JDS Group yang baru saja kita buat dengan empat perintah Shape yang ditambahkan ke Grup ini dan bentuk yang dibuat oleh perintah ini ketika dipilih.
Cara Customize menu Ribbon di Word Sesuai keinginan Anda
Preview Tab khusus Ribbon
THIS NEWEST PREV POST

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon