Membuat Formula atau Rumus di Excel (Belajar Formula Excel Part 1)

Di Excel, jika Anda ingin melakukan perhitungan matematis seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian, gunakan rumus. Ketik rumus di sel tempat Anda ingin hasil muncul. Rumus harus dimulai dengan tanda sama dengan, dan dapat terdiri dari angka, operator matematika, referensi, nilai logis, dan fungsi, atau kombinasi daripadanya. Untuk saat ini, kami akan tetap menggunakan angka, referensi sel, dan operator matematika. Kami akan membahas masing-masing opsi lainnya, nanti.
Membuat Formula atau Rumus dii Excel
Operator matematika memberi tahu Excel jenis perhitungan matematis yang ingin Anda lakukan. Misalnya, tanda plus (+) memberi tahu Excel untuk menambahkan dan tanda minus (-) memberi tahu Excel untuk mengurangi. Tabel Operator Matematika berikut mencantumkan semua operator Excel.

Table Header 1Jenis Perhitungan Formula Hasil
+Penjumlahan=1+12
-Pengurangan=5-14
-Negation=-1-1
*Perkalian=5*315
/Pembagian=8/24
^Eksponensial (Meningkatkan kekuatan)=3^29
%Persen=20%20%

Untuk referensi sel, masukkan alamat sel dalam rumus. Jika sel berisi angka, Excel akan menggunakan nomor itu dalam perhitungan. Jika sel berisi teks yang tidak dalam format yang diakui Excel sebagai angka, Excel akan mengembalikan kesalahan. Misalnya, jika sel A1 berisi angka 1, rumus = A1 + 1 mengembalikan 2. Jika Anda mengubah angka di dalam sel, hasil perhitungan akan berubah. Misalnya, jika Anda mengubah angka dalam sel A1 ke 2, = A1 + 1 mengembalikan 3. Jika Anda mengubah nilai dalam sel A1 ke Penjualan, = A1 + 1 mengembalikan kesalahan #VALUE.

Saat membuat formula, berhati-hatilah terhadap prioritas. Precedence adalah urutan di mana Excel melakukan perhitungan. Excel menggunakan urutan berikut:
  • Negative (-10)
  • Persent (%)
  • Peningkatan (^)
  • Perkalian dan Pembagian
  • Penambahan dan pengurangan
  • Menggabungkan teks (&)
  • Perbandingan (= < > <= >= <>)
Jika rumus berisi operator dengan prioritas yang sama, Excel menghitungnya dari kiri ke kanan. Untuk mengubah urutan Excel melakukan perhitungan, gunakan tanda kurung. Excel akan menghitung ekspresi dalam tanda kurung; lalu gunakan hasil dalam rumus. Sebagai contoh, hasil = 2 + 3 * 4 adalah 14. Excel mengalikan 3 kali 4, dan kemudian menambahkan 2. Agar Excel menambahkan 2 ditambah 3, kemudian kalikan hasilnya dengan 4, ketik = (2 + 3) * 4 . Hasilnya adalah 20.
Membuat Formula atau Rumus dii Excel

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon