Mengenal Microsoft Access 2007

Microsoft Access adalah paket perangkat lunak basis data. Database adalah kumpulan catatan yang terorganisir. Buku telepon dan buku alamat adalah contoh dari basis data kertas. Dengan Access, Anda dapat membuat basis data yang terkomputerisasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan Access untuk mengatur siswa yang menghadiri sekolah, kursus yang mereka ambil, dan instruktur yang mengajar mereka. Setelah Anda membuat database Access, Anda dapat mencarinya, memanipulasinya, dan mengekstrak informasi darinya. Pelajaran ini memperkenalkan Anda untuk Mengakses jendela dan mengajarkan Anda cara membuat database.
Mengenal Microsoft Access 2007

Mulai
Anda menggunakan windows untuk berinteraksi dengan Access. Untuk memulai, mulai Access 2007. Layar Anda akan terlihat mirip dengan yang ditunjukkan di sini.
Mengenal Microsoft Access 2007
Northwind adalah contoh basis data yang dapat Anda unduh dari situs web Microsoft. Saya akan menggunakan database Northwind untuk memperkenalkan Anda ke Access windows. Jika database Northwind sudah ada di sistem Anda, buka, kalau tidak unduh lalu buka.

Untuk membuka Northwind:
Klik tombol Microsoft Office. Menu muncul.
Klik Open. Kotak dialog Open muncul.
Temukan basis data Northwind.
Klik tombol Open. Akses membuka database Northwind.

Untuk mengunduh Northwind, sambungkan ke Internet dan kemudian ikuti langkah-langkah ini:
  • Klik Contoh. Ikon Northwind 2007 muncul di tengah jendela.
  • Klik ikon Northwind.
  • Klik tombol Browse. Jendela File Database Baru muncul.
  • Temukan folder tempat Anda ingin menyimpan database Northwind.
  • Klik OK. Jendela File New Database ditutup.
  • Klik Create. Access membuat database Northwind dan membukanya

Mengenal Microsoft Access 2007

Memahami Keamanan
Dimungkinkan untuk database Access untuk berisi kode berbahaya, seperti virus komputer. Access memiliki pengaturan keamanan yang menonaktifkan kode dan menampilkan peringatan keamanan ketika Anda membuka database. Jika Anda tahu database dapat dipercaya, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya. Anda mungkin perlu mengaktifkan database Northwind.

Untuk mengaktifkan Database:

  • Klik tombol Options. Kotak dialog Opsi Keamanan Microsoft Office muncul.
  • Klik Enable This Content untuk mengaktifkan Konten Ini.
  • Klik OK. Akses memungkinkan konten. Jika Anda mengaktifkan database Northwind, kotak dialog Login muncul.


  • Klik Login. Akses membuka database Northwind.

Jika Anda tahu database itu aman, Anda bisa menyimpannya di lokasi tepercaya. Basis data yang disimpan di lokasi tepercaya tidak mengharuskan Anda mengaktifkan keamanan.

Untuk membuat lokasi tepercaya/Trust Center:

  • Klik tombol Microsoft Office. Menu muncul.
  • Klik Access Options di sudut kanan bawah. Panel Access Options muncul.
  • Klik Trust Center. dan Klik Trust Center Settings.
  • Klik Trusted Lovaations.
  • Klik Add New Locatons. Kotak dialog Trust Center Microsoft Office muncul.
  • Masukkan jalur ke lokasi yang ingin Anda percayai, atau klik Browse untuk menemukan folder.
  • Jika Anda ingin mempercayai subfolder, pilih Subfolders Of This Location Are Also Trusted.
  • Klik OK. Lokasi sekarang menjadi lokasi tepercaya.
  • Klik OK lagi.
  • Klik OK. Anda telah membuat lokasi tepercaya.

Panel Navigasi
Jendela Access yang digunakan dalam contoh ini telah diatur untuk membuatnya lebih mudah untuk dijelaskan. Bagian ini menunjukkan kepada Anda cara mengatur jendela Anda sehingga cocok dengan contoh. Jika Anda belum masuk ke Northwind, klik tombol Login.

Database Access terdiri dari objek berikut: tabel, kueri, formulir, laporan, makro, dan modul. Panel Navigasi menampilkan objek dalam database.

Untuk memanipulasi panel Navigasi:
  • Klik panah kanan ganda (>>) untuk membukanya. Panah berubah menjadi panah kiri ganda (<<).
  • Klik panah kiri ganda (<<) untuk menutupnya. 

Untuk mengatur objek berdasarkan jenis:
  • Klik tombol Semua Akses Objek di panel Navigasi. Menu muncul.
  • Klik Jenis Objek. Access menampilkan objek dalam database berdasarkan tipe.
Jendela Access dengan database Northwind terbuka ditampilkan di sini. 
Catatan: Jendela Anda mungkin tidak persis sama dengan yang ditampilkan. Di Access 2007, tampilan jendela tergantung pada ukuran jendela, ukuran monitor Anda, dan resolusi yang ditetapkan monitor Anda. Resolusi menentukan seberapa banyak informasi yang dapat ditampilkan oleh monitor komputer Anda. Jika Anda menggunakan resolusi rendah, Anda dapat memuat lebih sedikit informasi di layar Anda, tetapi ukuran teks dan gambar Anda lebih besar. Jika Anda menggunakan resolusi tinggi, Anda dapat memuat lebih banyak informasi di layar Anda, tetapi ukuran teks dan gambar lebih kecil. Anda juga dapat menggunakan pengaturan di Access 2007, Windows Vista, dan Windows XP untuk mengubah warna dan gaya windows Anda.

Tombol Microsoft Office
Di sudut kiri atas jendela Access adalah tombol Microsoft Office. Ketika Anda mengklik tombol, sebuah menu muncul. Anda dapat menggunakan menu untuk membuat file baru, membuka file yang sudah ada, menyimpan file, dan melakukan banyak tugas lainnya.

Quick Access Toolbar
Di sebelah tombol Microsoft Office adalah bilah alat Akses Cepat atau biasa disebut Quick Access Toolbar . Toolbar Akses Cepat memberi Anda akses ke perintah yang sering Anda gunakan. Secara default, Simpan, Undo, dan Ulangi muncul di Quick Access Toolbar. Anda menggunakan Simpan untuk menyimpan objek, Undo untuk memutar kembali tindakan yang telah Anda ambil, dan Ulangi untuk menerapkan kembali tindakan yang telah Anda gulung balik atau setelah anda mengembalikannya.

Title Bar
Bilah Judul atau Title Bar ini terletak di bagian atas di tengah jendela Access. Bilah Judul menampilkan nama basis data tempat Anda bekerja saat ini.

Pita/Ribbon
Anda menggunakan perintah untuk memberi tahu Access apa yang harus dilakukan. Di Access 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Pita terletak di dekat bagian atas jendela Access, di bawah bilah alat Akses Cepat. Di bagian atas Pita ada beberapa tab; mengklik tab menampilkan grup perintah terkait. Di dalam masing-masing kelompok ada tombol perintah yang terkait. Anda mengklik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan Peluncur kotak dialog di sudut kanan bawah grup. Ketika Anda mengklik Peluncur kotak dialog, kotak dialog membuat perintah tambahan tersedia.

Access Objects

Detail: RevenueHits
Tables Di Access, data disimpan dalam tabel. Tabel adalah seperangkat kolom dan baris, dengan setiap kolom disebut sebagai bidang. Setiap nilai dalam suatu bidang mewakili satu jenis data. Setiap baris tabel disebut sebagai catatan.
Queries Anda menggunakan kueri untuk mengambil data tertentu dari basis data Anda dan untuk menjawab pertanyaan tentang data Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan kueri untuk menemukan nama-nama karyawan di basis data Anda yang tinggal di negara bagian tertentu.
Forms Form memberi Anda kemampuan untuk memilih format dan pengaturan bidang. Anda dapat menggunakan formulir untuk memasukkan, mengedit, dan menampilkan data.
Reports Report/Laporan mengatur atau merangkum data Anda sehingga Anda dapat mencetaknya atau melihatnya di layar. Anda sering menggunakan laporan saat Anda ingin menganalisis data Anda atau menyajikan data Anda kepada orang lain.
Macros Makro memberi Anda kemampuan untuk mengotomatisasi tugas. Anda bisa menggunakan makro untuk menambahkan fungsionalitas ke formulir, laporan, atau kontrol.
Modules Seperti makro, modul memberi Anda kemampuan untuk mengotomatisasi tugas dan menambahkan fungsionalitas ke formulir, laporan, atau kontrol. Makro dibuat dengan memilih dari daftar tindakan makro, sedangkan modul ditulis dalam Visual Basic for Applications.

Ubah Tampilan
Tampilan adalah cara memandang suatu objek. Misalnya, di Access, data disimpan dalam tabel. Dua cara yang mungkin Anda bisa melihat tabel adalah tampilan lembar data dan tampilan desain. Anda bisa melihat data yang terkandung dalam tabel di tampilan lembar data. Anda dapat melihat desain tabel dalam tampilan Desain. Saat Anda membuka objek, tombol muncul di sudut kanan bawah jendela Access. Anda dapat menggunakan tombol Lihat pada tab Beranda untuk mengubah tampilan, atau Anda dapat mengklik tombol yang tepat di sudut kanan bawah jendela.

Tutup Basis Data dan Akses Keluar
Ini melengkapi pengantar Akses menggunakan database Northwind. Berikut ini menjelaskan cara Anda menutup database dan keluar dari Access.

Untuk menutup basis data:

  • Klik tombol Microsoft Office. Menu muncul.
  • Klik Close Database. Akses menutup basis data.
Untuk keluar dari Akses:
  • Klik tombol Microsoft Office. Menu muncul.
  • Klik Exit Access. Anda keluar dari Access.

Buat Database
Ketika Anda mulai Access, layar Memulai Dengan Microsoft Office Access muncul. Anda dapat menggunakan layar ini untuk membuat database. Di dalam basis data, Anda dapat melakukan hal-hal seperti memasukkan data, membuat laporan, dan mengambil data. Anda dapat membuat database kosong atau Anda dapat menggunakan salah satu templat yang disediakan oleh Microsoft. Saat Anda menggunakan templat, Access membuat formulir yang bisa Anda gunakan untuk memasukkan data, laporan yang bisa Anda gunakan untuk mengambil data, dan banyak lagi. Anda dapat memodifikasi formulir, laporan, dan objek lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tutorial ini akan mengajarkan Anda caranya.

Templat berikut disertakan dengan Akses: Aset, Kontak, Acara, Fakultas, Masalah, Proyek Pemasaran, Proyek, Jalur Penjualan, Siswa, dan Tugas. Template lain tersedia online. Setiap templat membuat basis data yang terkait dengan judul. Misalnya, templat Fakultas membuat basis data fakultas yang mencakup tabel, kueri, formulir, dan laporan yang terkait dengan fakultas. Di Access, Anda menggunakan tabel untuk menyimpan data, kueri untuk mengambil data, formulir untuk memasukkan data, dan laporan untuk menampilkan data.

Menggunakan templat untuk membuat basis data:
  • Buka Microsoft Access. Layar Memulai Dengan Microsoft Office Access muncul.
  • Klik Local Templates. Ikon yang mewakili templat lokal muncul di tengah jendela.
  • Klik ikon untuk templat yang ingin Anda gunakan.
  • Klik tombol Browse. Jendela File Database Baru muncul.
  • Temukan folder tempat Anda ingin menyimpan database Anda.
  • Klik OK.
  • Klik Create. Akses membuat dan membuka basis data Anda.
  • Buka panel Navigasi. Access menampilkan tabel, kueri, formulir, laporan, dan objek lain yang terkait dengan database yang Anda pilih. Anda mungkin ingin menampilkan objek berdasarkan tipe.

Bagaimana cara membuat database berdasarkan templat yang ditemukan online?

Template online termasuk dalam kategori berikut: Bisnis, Pendidikan, Pribadi, dan Nirlaba. Untuk membuat database berdasarkan salah satu templat ini:

  • Buka Ms. Access. dan Layar Memulai Dengan Microsoft Office Access muncul.
  • Pastikan Anda terhubung ke Internet.
  • Klik kategori untuk templat yang ingin Anda buat. Ikon yang mewakili templat Internet muncul di tengah jendela.
  • Klik ikon untuk templat yang ingin Anda gunakan untuk membuat basis data Anda.
  • Klik tombol Browse.
  • Temukan folder tempat Anda ingin menyimpan basis data Anda.
  • Klik Unduh. Access meminta Anda.
  • Klik Lanjutkan. Akses unduhan dan buka basis data Anda.
  • Buka panel Navigasi. Access menampilkan tabel, kueri, formulir, laporan, dan objek lain yang terkait dengan database Anda.
Pertanyaan Bagaimana cara membuka database yang ada?

  • Klik tombol Office. Menu muncul.
  • Klik Buka.
  • Temukan folder tempat Anda menyimpan basis data Anda.
  • Klik nama basis data.
  • Klik Buka. Akses membuka basis data.
Tips: Anda juga dapat membuka database yang ada dengan menekan Ctrl-O dan kemudian mengikuti langkah 3 hingga 5.
Buat Database Kosong
Database kosong adalah database yang tidak memiliki apa-apa di dalamnya. Anda harus membuat semua tabel, formulir, laporan, kueri, dan sebagainya. Jika Anda tidak dapat menemukan templat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, buat database kosong. Setelah Anda membuat database, Access membuka ke lembar data dan menyediakan alat yang Anda butuhkan untuk membuat objek. Membuat tabel adalah langkah pertama dalam membangun database. Anda akan belajar lebih banyak tentang membuat tabel dalam pelajaran selanjutnya.

Untuk membuat database kosong:
  • Buka Ms. Access.
  • Klik Blank Database.
  • Ketikkan nama yang ingin Anda berikan basis data di bidang Nama File. Akses akan secara otomatis menambahkan .accdb ke nama.
  • Klik tombol Browse. Jendela File Database Baru muncul.
  • Temukan folder tempat Anda ingin menyimpan basis data Anda. Perhatikan bahwa nama file muncul di bidang Nama File.
  • Klik OK.
  • Klik tombol Create. Access membuat database dan membuka lembar data dengan Table Tools yang tersedia untuk Anda.

Perhatikan Alat Meja di bagian kanan atas Pita/Ribbon.

Apa itu Datasheet?
Di Access, data disimpan dalam tabel. Lembar data menampilkan informasi yang disimpan dalam tabel dalam kolom dan baris. Kolom disebut bidang dan baris disebut catatan. Anda bisa menggunakan lembar data untuk membuat tabel, memasukkan data, mengambil data, dan melakukan tugas lainnya.

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon