Cara mengekstrak nama domain dengan cepat dari URL di Excel

Beberapa tip dan saran ini akan membantu Anda untuk mendapatkan nama domain dari daftar URL menggunakan rumus Excel. Variasi rumus memungkinkan Anda mengekstrak nama domain dengan dan tanpa www. yang menganung URL (http, https, ftp dll didukung). Solusi ini suport di semua versi modern Excel, mulai 2010 hingga 2016.
Cara mengekstrak nama domain dengan cepat dari URL di Excel
Jika Anda bingung mempromosikan situs web Anda (seperti saya) atau melakukan SEO di tingkat profesional yang mempromosikan situs web klien untuk mendapatkan uang, Anda sering harus memproses dan menganalisis daftar URL yang sangat banyak: laporan Google Analytics tentang perolehan lalu lintas, Alat Webmaster melaporkan tautan baru, laporan tautan balik ke situs web pesaing Anda (yang berisi banyak fakta menarik, dan sebagainya.

Untuk memproses daftar tersebut, dari sepuluh hingga sejuta tautan, Microsoft Excel membuat alat yang ideal. Ini kuat, gesit, dapat diperpanjang, dan memungkinkan Anda mengirim laporan ke klien Anda langsung dari lembar Excel.
"Mengapa kisaran ini, dari 10 hingga 1.000.000?" Anda mungkin bertanya kepada saya. Karena Anda pasti tidak memerlukan alat untuk memproses kurang dari 10 tautan; dan Anda akan sangat membutuhkannya jika Anda memiliki lebih dari satu juta tautan masuk. Saya berani bertaruh bahwa dalam hal ini Anda sudah memiliki beberapa perangkat lunak khusus yang dikembangkan khusus untuk Anda, dengan logika bisnis yang dirancang khusus untuk kebutuhan Anda. Dan itu akan saya yang akan membaca dengan teliti artikel Anda dan bukan sebaliknya :)

Saat menganalisis daftar URL, Anda sering harus melakukan tugas-tugas berikut: dapatkan nama domain untuk diproses lebih lanjut, kelompokkan URL menurut domain, hapus tautan dari domain yang sudah diproses, bandingkan dan gabungkan dua tabel dengan nama domain, dll.
Cara mengekstrak nama domain dalam beberapa langkah mudah
  1. Cara memproses daftar URL berdasarkan kolom Nama domain
  2. URL grup berdasarkan nama domain
  3. Sorot URL ke-2 dan selanjutnya di domain yang sama
  4. Bandingkan dua tabel untuk duplikat
  5. Cocokkan dan gabungkan dua tabel dengan nama domain
Langkah mudah untuk mengekstrak nama domain dari daftar URL
Sebagai contoh, mari ambil cuplikan laporan backlink ablebits.com yang dihasilkan oleh Alat Webmaster Google.
Langkah mudah untuk mengekstrak nama domain dari daftar URL
  • 1# Tambahkan kolom "Domain" dibagian ujung range exl Anda.

Kami telah mengekspor data dari file CSV, itulah sebabnya dalam hal Excel data kami berada dalam kisaran sederhana. Tekan CTRL + T untuk mengonversinya ke tabel Excel karena jauh lebih nyaman untuk digunakan.
Tambahkan kolom "Domain"
  • 2# Di sel pertama kolom "Domain" (B2), masukkan rumus untuk mengekstrak nama domain:

- Ekstrak domain dengan www. jika ada dalam URL:
= MID (A2, FIND (":", A2,4) + 3, FIND ("/", A2,9) -FIND (":", A2,4) -3)
- Hapus www. dan dapatkan nama domain murni:

=IF(ISERROR(FIND("//www.",A2)), MID(A2,FIND(":",A2,4)+3,FIND("/",A2,9)-FIND(":",A2,4)-3), MID(A2,FIND(":",A2,4)+7,FIND("/",A2,9)-FIND(":",A2,4)-7))
dapatkan nama domain murni
Formula kedua mungkin tampak terlalu panjang dan rumit, tetapi hanya jika Anda tidak melihat formula yang benar-benar panjang. Bukan tanpa alasan bahwa Microsoft telah menambah panjang rumus hingga 8192 karakter di versi baru Excel :)

Hal baiknya adalah kita tidak harus menggunakan kolom tambahan atau makro VBA. Faktanya, menggunakan makro VBA untuk mengotomatiskan tugas-tugas Excel Anda tidak sesulit yang dibayangkan, lihat artikel yang sangat bagus - Tutorial dengan contoh Excel tentang Macro. Tetapi dalam kasus khusus ini, kita sebenarnya tidak membutuhkannya, lebih cepat dan lebih mudah digunakan dengan formula/rumus.
Catatan: Secara teknis, www adalah domain level ke-3, meskipun dengan semua situs web normal www. hanyalah alias dari domain utama. Di awal-awal Internet, Anda bisa mengatakan "wwwdotnamakerenmudotcom" di telepon atau di pengiklanan, dan semua orang mengerti dan ingat di mana harus mencari Anda, tentu saja kecuali namakerenmu dulu yang disebut.
 Anda harus meninggalkan semua nama domain lain dari tingkat ke-3, jika tidak, Anda akan mengacaukan tautan dari situs yang berbeda, mis. dengan domain "co.uk" atau dari akun yang berbeda di blogspot.com dll.

  • 3# Karena kami memiliki tabel yang banyak, maka Excel secara otomatis menyalin rumus di semua sel di kolom.
Selesai! Kami memiliki kolom dengan nama domain yang diekstraksi
nama domain yang diekstraksi
Di bagian selanjutnya, Anda akan mempelajari cara memproses daftar URL berdasarkan kolom Domain.
Saran: Jika Anda mungkin perlu mengedit nama domain secara manual di lain waktu atau menyalin hasilnya ke lembar kerja Excel lain, ganti hasil rumus dengan nilai. Untuk melakukan ini, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:
Klik sel mana saja di kolom Domain dan tekan CTRL + Space untuk memilih semua sel di kolom itu.
Tekan CTRL + untuk menyalin data ke Clipboard, lalu selanjutnya ke tab Home, klik tombol "Paste" dan pilih "Value" dari menu drop-down.
memproses daftar URL berdasarkan kolom Domain
Memproses daftar URL menggunakan kolom Nama domain
Di sini Anda akan menemukan beberapa tips tentang pemrosesan lebih lanjut dari daftar URL, dari pengalaman saya sendiri.
URL grup menurut domain
  • Klik sel mana saja di kolom Domain.
  • Sortir tabel Anda berdasarkan Domain: buka tab Data dan klik tombol A-Z.
  • Konversi tabel Anda kembali ke Range: klik pada sel mana saja di tabel, buka tab Desain dan klik tombol "Convert to the range".
  • Buka tab Data dan klik ikon "Subtotal".
  • Di kotak dialog "Subtotal", pilih opsi berikut: Pada setiap perubahan: "Domain" use subtotal (gunakan fungsi Hitung) dan Add subtotal (Tambahkan subtotal)  ke Domain.
kotak dialog "Subtotal"
  • Klik OK jika sudah.
Excel telah membuat garis besar data Anda di sisi kiri layar. Ada 3 level garis besar dan apa yang Anda lihat sekarang adalah tampilan yang diperluas, atau tampilan level 3. Klik angka 2 di sudut kiri atas untuk menampilkan data akhir berdasarkan domain, dan kemudian Anda bisa mengklik tanda plus dan minus (+ / -) untuk memperluas / menciutkan detail untuk setiap domain.
membuat garis besar data Anda di sisi kiri layar
Tutorial ini hanyalah gambaran singkat dari fitur tabel Excel utama. Coba saja tutorial ini, dan Anda akan menemukan kegunaan baru untuk tabel Excel dalam pekerjaan sehari-hari Anda dan menemukan kemampuan baru yang menarik. Saya berterima kasih telah membaca dan berharap dapat melihat Anda di blog kami selanjutnya!

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon