Mengelola Database dan Objek di Microsoft Access 2013


Setiap database Access terdiri dari beberapa objek yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan data. Basis data dapat mencakup formulir untuk memasukkan data, permintaan untuk mencari di dalamnya, laporan untuk menganalisisnya, dan tabel untuk menyimpannya. Setiap kali Anda bekerja dengan database Anda, Anda bekerja dengan banyak objek ini sekaligus. Untungnya, Access membuat mengelola objek-objek ini cukup mudah.

Objek basis data adalah objek apapun yang ditentukan dalam basis data yang digunakan untuk menyimpan atau merujuk data. Apa pun yang kita buat dari perintah buatan dikenal sebagai Objek Database. Objek ini dapat digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa contoh objek database adalah: tampilan, urutan, indeks, dll.

  • Tabel - Unit dasar penyimpanan; baris dan kolom tersusun
  • View - Secara logis mewakili himpunan bagian tabel data dari satu atau lebih 
  • Sequence - Menghasilkan nilai kunci primer
  • Indeks - Meningkatkan kinerja beberapa kueri
  • Sinonim - Nama alternatif untuk suatu objek
Objek database yang berbeda:

  • Tabel - Objek basis data ini digunakan untuk membuat tabel dalam basis data.
  • Sintaks:
Mengelola Database
Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar cara membuka dan menutup basis data, serta cara membuka, menutup, dan menyimpan objek.

Membuka database yang ada:
Sebelum Anda memasukkan data atau memodifikasi objek, Anda harus membuka Database.

1. Pilih tab File untuk menuju ke tampilan Backstage
Pilih Tab File untuk membuka database yang ada
2. Selanjutnya Pilih Open dan Pilih Computer, kemudian klik Browse
Membuka database yang ada
3. .Kotak dialog Open akan muncul. Temukan dan pilih database, lalu klik Open.
Membuka database yang ada
4. Biasanya pesan peringatan akan muncul saat Anda membuka database Anda. Jika database berisi fungsi yang disesuaikan, bilah berwarna kuning dengan peringatan keamanan mungkin muncul di bawah Ribbon. Jika Anda mempercayai sumber basis data Anda, klik Enable Content untuk mengaktifkan Konten agar database Anda ditampilkan dengan benar.
Enable Content
5. Setelah mengaktifkan semua konten dalam database, Anda dapat melihat pesan yang menanyakan apakah Anda ingin menjadikan database sebagai  Trusted Document (Dokumen Tepercaya). Klik Yes jika Anda ingin semua konten diaktifkan secara otomatis setiap kali Anda membuka database.
Trusted Document
Menutup Database
Untuk menutup database:
Pilih tab File untuk pergi ke tampilan Backstage. dan pilih Close.
menutup database
Jika Anda memiliki objek yang belum disimpan, kotak dialog akan muncul untuk masing-masing menanyakan apakah Anda ingin menyimpannya atau tidak. Pilih Yes untuk menyimpan objek, No untuk menutup tanpa menyimpannya , atau Cancel untuk memabatalkan operasi database.
menutup database
Mengelola Objek
Sangat penting untuk menmahami database Anda sebagai wadah atau folder besar tempat Anda menyimpan data. Data itu sendiri terkandung dalam objek basis data. Akses memperlakukan setiap objek ini sebagai dokumen terpisah, yang berarti Anda harus membuka dan menyimpannya secara individual untuk bekerja / mengaitkannya.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa pelajaran ini tidak mengandung instruksi untuk menyimpan database. Ini karena Anda tidak dapat menyimpan seluruh database sekaligus. Sebaliknya, Anda harus secara individual menyimpan objek yang ada dalam database.

Membuka Objek
Untuk membuka objek:
1. Di panel Navigasi, temukan dan klik dua kali objek yang diinginkan atau Klik kanan pada objek dan pilih Open.
membuka objek
2. Objek akan muncul sebagai tab di bilah Tab Dokumen.
membuka objek
Menyimpan Objek
Anda harus menyimpan perubahan yang Anda buat untuk setiap objek sebelum menutup databasse Anda. Ingat, menyimpan lebih awal dan sering kali dapat mencegah pekerjaan Anda hilang. Namun, Anda juga akan diminta untuk menyimpan pekerjaan yang belum disimpan saat Anda mencoba untuk menutup database Anda.

Untuk menyimpan objek baru:
1. Pilih objek yang ingin Anda simpan dengan mengklik tabnya di bilah Tab Dokumen.
2. Klik perintah Save pada Quick Access toolbar, atau tekan CTRL + S pada keyboard Anda.
Menyimpan melalui Quick Access toolbar
3. Saat pertama kali Anda menyimpan objek, Anda akan diminta untuk menamainya. Masukkan nama objek yang diinginkan, lalu klik OK.
Menamai objek
4. Objek akan disimpan. Klik perintah Save lagi untuk menyimpan perubahan ke objek.

Untuk menutup objek:
Pilih objek yang ingin Anda tutup, lalu klik X di sebelah kanan bar Document Tabs.
Menutup objek
Jika ada perubahan yang belum disimpan ke objek, Anda akan diminta untuk menyimpannya. Pilih Yes untuk menyimpan, No untuk menutupnya tanpa menyimpan perubahan Anda, dan Cancel untuk membiarkan objek terbuka.

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon