Cara Lengkap Membuat Dokumen Baru di Photoshop bagi Pemula

Dalam Pembelajaran Photoshop kali ini pada pembahasan Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop disini kita akan mempelajari Semua yang perlu kita ketahui bagaimana cara membuat dokumen baru dan memulai petualangan kita di Photoshop? dan mempelajari semua tentang fungsi dari kotak dialog Dokumen Baru (New Document), cara membuat ukuran dokumen khusus, cara menyimpan pengaturan khusus Anda sebagai preset, dan masih banyak lagi.

Membuat dokumen baru dan membuka gambar di Photoshop

Sebelum kita mulai, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara membuat dokumen baru di Photoshop dan membuka gambar yang sudah ada ke dalam Photoshop.

Kapan harus membuat dokumen baru Photoshop 

Saat kita membuat dokumen baru di Photoshop, kita membuat apa yang pada dasarnya ialah kanvas atau lembar kerja kosong. Kemudian setelah kita membuat kanvas (dokumen), kita dapat mengimpor gambar, grafik, atau aset lain ke dalamnya. Dokumen baru sangat cocok untuk tata letak desain, baik untuk dicetak atau untuk sebuah website. Kita cukup membuat dokumen kosong baru dengan ukuran yang kita butuhkan dan kemudian mulai menambahkan dan mengatur berbagai elemen kita.

Dokumen baru juga bagus untuk lukisan digital dengan kuas Photoshop, dan untuk membuat komposit dari banyak gambar. Pada dasarnya, setiap kita ingin memulai dengan kanvas (dokumen) kosong dan selanjutnya kita ingin menambahkan konten, kita harus membuat dokumen Photoshop baru. Dan kita akan belajar bagaimana membuat dokumen baru dalam tutorial ini.

Kapan harus membuka gambar yang ada di Photoshop

Tetapi jika Anda seorang fotografer atau ingin mengedit foto, maka pastinya akan membuat dokumen baru, kemungkinan besar kalian ingin memulai dengan membuka gambar yang sudah ada ke dalam Photoshop. Membuka gambar berbeda dengan membuat dokumen baru, karena gambar itu sendiri menentukan ukuran dokumen.

Dalam pelajaran pertama dalam bab ini, kita belajar bagaimana mengatur Photoshop sebagai editor gambar default kita, sehingga gambar kita akan terbuka langsung ke Photoshop ketika kita mengklik dua kali pada mereka di Windows atau macOS. Kita akan mempelajari cara lain untuk memasukkan gambar ke Photoshop dimulai dengan tutorial berikutnya di bab ini, Cara membuka gambar di Photoshop. Untuk saat ini, mari kita pelajari cara membuat dokumen baru.

1. Cara membuat dokumen Photoshop baru

Untuk membuat dokumen baru di Photoshop, kita menggunakan kotak dialog New Document, dan ada beberapa cara untuk membuat Dokumen baru tersebut.

Membuat dokumen baru dari Layar Beranda

Salah satu caranya adalah dari Home Screen Photoshop. Secara default, saat kalian membuka aplikasi Photoshop, atau jika kalian menutup dokumen saat tidak ada dokumen lain yang terbuka, kalian akan dibawa ke Layar Beranda (Home Screen).

Konten di Home Screen berubah dari waktu ke waktu, tetapi secara umum, kalian akan melihat kotak berbeda yang dapat kalian klik untuk mempelajari Photoshop atau untuk melihat apa yang baru di versi terbaru. Dan jika kalian telah mengerjakan gambar atau dokumen sebelumnya, Anda akan melihatnya ditampilkan sebagai gambar mini yang dapat Anda klik untuk membukanya kembali dengan cepat:
Home Screen (Layar beranda/awal)
Untuk membuat dokumen baru dari Layar Beranda, klik tombol Create New... di kolom sebelah kiri:
Klik tombol "Create New..." di halaman Home Screen

Membuat dokumen baru dari Menu Bar

Cara lain untuk membuat dokumen baru di Photoshop adalah dengan menggunakan menu File pada Menu Bar dan memilih New. Atau kalian dapat menggunakan pintasan dengan menggunakan tombol keyboard, CTRL + N  (pada Windows) / Comand + (pada Mac):
Membuat New Dokumen dengan Menu File

Kotak dialog New Document (Dokumen Baru) Photoshop

Setelah kalian telah membuat dokumen baru dengan cara apa pun di photoshop, atau telah membuka kotak dialog Dokumen Baru, pastinya nanti akan tersimpan di Recen (atau yang baru baru ini kita pernah buka) dan sebenarnya ada dua versi kotak dialog ini. Kita akan mulai dengan melihat versi default (digambarkan di sini), dan kemudian saya akan menunjukkan cara beralih ke versi yang lebih lama dan lebih kecil yang menurut saya pribadi lebih baik dan sangat penting:
Kotak dialog New Document (Dokumen Baru)

Memilih ukuran dokumen yang baru saja digunakan (Recent)

Sepanjang deretan menu di bagian atas kotak dialog New Document seperti Recent, Saved, Photo, Print, Art & Ilustrtion , Web, Mobile, dan Film & Video, itu merupakan deretan kategori. 

Secara default, kategori Recent yang terbuka, dan ini memberi  kita akses cepat ke ukuran dokumen yang baru saja digunakan. Untuk memilih salah satu, klik thumbnail untuk memilihnya dan kemudian klik tombol Create di sudut kanan bawah kotak dialog. Atau Anda bisa mengklik dua kali pada thumbnail.

Dalam kasus ini, semua yang saya lihat saat ini adalah ukuran Custom / default  Photoshop, bersama dengan beberapa template yang dibuat sebelumnya dari Adobe. Menggunakan template melampaui cakupan tutorial ini, jadi kita akan fokus pada cara membuat dokumen kita sendiri:
Memilih dokumen yang baru saja digunakan

Memilih preset dokumen baru

Selain memilih dari ukuran dokumen yang baru saja digunakan, kita juga dapat memilih dari ukuran yang telah ditetapkan sebelumnya. Pertama, pilih jenis dokumen yang ingin kalian buat dengan memilih salah satu kategori (Foto, Print, Web, dan sebagainya) di bagian atas. Saya akan memilih Photo:
Memilih jenis kategori dokumen

Panel Detail Preset

Preset akan muncul di bawah sebagai thumbnail. Kemudian carilah preset yang sesuai yang sesuai dengan kebutuhan kalian, klik thumbnail-nya. disini saya akan memilih "Lanscape, 8 x 10": 

Detail preset muncul di panel Preset Details di sebelah kanan kotak dialog. Setelah memilih preset "Landscape, 8 x 10", kita yakin bahwa preset ini akan membuat dokumen dengan Lebar 10 inci dan Tinggi 8 inci. Ini juga menetapkan Resolusi ke 300 piksel/inci yang merupakan resolusi standar untuk pencetakan:
Memilih ukuran dokumen praset
Selanjutnya klik Create yang ditandai dengan nomor 4 pada gambar diatas, maka otomatis kotak dialog New Document akan menutup dan membuka dokumen baru sesuai ukuran yang kita pilih tadi.
Dokumen baru telah dibuat

Cara memverifikasi ukuran dokumen

Jika kalian tipe skeptis atau kurang percaya dengan ukuran yang telah kalian buat, kalian dapat memverifikasi bahwa dokumen adalah ukuran yang kalian inginkan menggunakan kotak dialog Image Size di Photoshop. Untuk melakukannya, buka menu Size di bagian menu atas layar dan pilih Image Size:
Memastikan ukuran dokumen

Kotak dialog Image Size

Ini membuka kotak dialog Ukuran Gambar di mana kita melihat bahwa Lebar dokumen sebenarnya 10 inci, Tingginya 8 inci, dan Resolusi diatur ke 300 piksel/inci:
Kotak dialog Image Size  (Ukuran Gambar)
Jika ada perubahan klik OK untuk menyimpan, dan jika sudah pas Klik Cancel untk menutup kotak dialog Image Size.

2. Membuat dokumen baru dari pengaturan khusus

Meskipun memilih preset terkadang berguna, cara paling umum untuk membuat dokumen Photoshop baru adalah dengan memasukkan pengaturan kustom Anda sendiri ke panel Preset Details.

Mengatur lebar dan tinggi

Jika saya ingin membuat, katakanlah, kita ingin membuat dokumen dengan preset yang sudah ada, namun kita ingin merubah ukurannya lebar 16 inci tinggi 21 inci. Saya menggunakan inci di sini sebagai contoh, tetapi kalian dapat mengklik kotak ukuran dan memilih jenis ukuran lain juga, seperti piksel, sentimeter, milimeter, dan lainnya.

yang perlu kita lakukan hanyalah mengatur di preset details: 
  • Pilih sembarang Thumnail Preset (1)
  • Pada bagian ukuran yang ditandai dengan nomor 2 ubah menjadi Inches (2)
  • Pada kotak Width isi denga 16, (3)
  • Pada Kotak High isi dengan 19  (4)

Mengatur resolusi cetak

Kalian juga dapat memasukkan nilai resolusi khusus untuk dokumen ke dalam bidang Resolusi. Namun perlu diingat bahwa resolusi hanya berlaku untuk pada saat pencetakan.

Untuk pencetakan, resolusi standar industri adalah 300 piksel per inci. Untuk gambar yang akan ditampilkan di layar, Kalian juga dapat mengabaikan nilai Resolusi:
  • Ubah Resolusi menjadi 300 Pixels/Inch (5)
Mengatur lebar dan tinggi dan Resolusi dokumen

Mengganti orientasi

Untuk mengubah orientasi dokumen, klik tombol Portrait atau Landscape (Berdiri/Melintang) . Ini akan menukar nilai Lebar dan Tinggi sesuai kebutuhan:
  • Pilih Orientation Potrait/ Landscape (6)
Mengubah Orientasi dokumen

Mengatur warna latar belakang dokumen

Warna latar belakang default untuk dokumen baru di Photoshop adalah putih, tetapi Anda dapat memilih warna yang berbeda dari opsi Isi Backgorund Contents. Pada awalnya, ada beberapa pilihan yang telah disediakan, seperti : White, Black, Backgroun Color, Transparen, dan Custom.
  • Pilih Custom untuk memilih warna  lain yang kalian inginkan (7)
Mengatur warna latar belakang dokumen

Color Mode dan Kedalaman Bit

Anda dapat mengatur Color Mode dan Kedalaman Bit untuk dokumen baru Anda. Dalam kebanyakan kasus, pengaturan default (RGB Color dan 8 bit) adalah yang sering kali kita butuhkan, tetapi kalian dapat memilih nilai lain jika kalian membutuhkannya:
Opsi Color Mode (kiri) dan Bit Depth (kanan)

Bagaimana cara menyimpan pengaturan kita sebagai preset baru

Jika kalian tahu kalian akan memerlukan ukuran dokumen yang sama lagi di masa mendatang, maka sebelum kalian mengklik tombol Create, Kalian mungkin ingin menyimpan pengaturan Kalian sebagai preset khusus. 
Menyimpan Preset
Beri nama preset Kalian. Saya akan memberi nama saya "Landscape, 16 x 21". Klik icon Save Preset di bagian bawah kanan panel Save Document Preset
Beri nama preset, dan"Save Preset"

Kotak dialog Dokumen Baru akan beralih ke kategori Save di mana kalian akan menemukan Preset baru kalian yang telah kalian buat. Untuk menggunakan preset di masa mendatang, cukup buka kategori Saved dan klik dua kali pada thumbnail preset:
Preset telah disimpan

Cara menghapus preset yang disimpan

Untuk menghapus preset yang disimpan, klik icon tempat sampah di kanan atas thumbnail
Menghapus Preset yang telah disimpan

Membuka dokumen baru di Photoshop

Sekarang saya telah menyimpan pengaturan saya sebagai preset, saya akan membuka dokumen baru dengan mengklik tombol Create di sudut kanan bawah:
Membuka Dokumen baru di Photoshop

Ini sekali lagi menutup kotak dialog Dokumen Baru dan membuka dokumen baru kita di Photoshop:
Membuka dokumen baru dengan pengaturan kustom yang telah dibuat

Penutup:

Setelah mengikuti langkah-langkah cara membuat dokumen baru pada photoshop diatas, semoga kalian mudah untuk mempraktekannya mendapat banyak wawasan dalam mengelola dokumen baru di photoshop ini.

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon